Komputer Raspberry Pi ini dapat menembakkan sinar laser yang sebenarnya

Komputer Raspberry Pi ini dapat menembakkan sinar laser yang sebenarnya

Seorang mahasiswa PhD dari Rusia telah menggunakan Raspberry Pi  komputer terbaru dan beberapa perangkat teknologi lainnya untuk merancang solusi inovatif yang menetralkan nyamuk menggunakan laser.

Rakhmatulin Ildar dari South Ural State University mengatakan dia kehilangan ketenangannya ketika mengetahui bahwa nyamuk membunuh lebih dari 700.000 orang setiap tahun, dan memutuskan untuk melakukan sesuatu.

Solusi Ildar adalah memasang laser 1 watt pada Raspberry Pi 3 dan melatihnya dengan visi mesin dan jaringan saraf hingga menjadi robot pembunuh pemburu nyamuk yang kejam.

Mengamuk

Perangkat Keras Tom mencegat instruksi pembuatan rinci Rakhmatulin yang menakutkan, mencatat bahwa proyek tersebut menggunakan modul Kamera Raspberry Pi untuk mendeteksi nyamuk di sekitarnya. 

Ketika seseorang terlihat, Pi meminta galvanometer yang terhubung untuk menyesuaikan cermin dan mengarahkan laser. Setelah laser berada di posisinya, Pi memperkuatnya dan memberikan ledakan kuat untuk menghilangkan makhluk terbang itu dari keberadaan. 

Rakhmatulin telah membagikan detail tentang bagaimana dia membuat jaringan saraf konvolusional (CNN) untuk mendeteksi nyamuk. Untuk menyempurnakan jaringan AI, ia melatihnya menggunakan GeForce GTX 1060 6GB GPU dengan CPU Ryzen 5 3600 .

Dia juga menerbitkan rincian tentang penggunaan perpustakaan OpenCV untuk melacak nyamuk yang teridentifikasi dan memprediksi pola terbangnya.

Didukung oleh keberhasilan penelitiannya, Rakhmatulin sekarang ingin membuat versi yang lebih kuat yang dapat melacak dan membasmi lebih dari dua nyamuk dalam satu detik. 

Leave a Reply